Senin, 22 November 2010

Pelatihan APE bahan alam

wayang dari ranting ketela pohon
Pelatihan APE dari bahan alam dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 24 April 2010 yang diikuti oleh Ibu Siti Rohmah Sa'adah, S.PdI dari RA Nurul Islam untuk mewakili IGRA Kecamatan Kebonsari Madiun. Pelatihan itu dimaksudkan untuk mengembangkan daya inovasi dan memanfaatkan bahan alam untuk alat peraga dalam proses belajar dan pembelajaran. Pelatihan tersebut diikuti dari berbagai daerah se Jawa Timur. 
Bahan alam tersebut antara lain: biji-bijian, ranting pohon, ranting ketela, ubi-ubian, daun kering dan lain sebagainya. dari bahan tersebut dirangkai sebagai bahan peraga untuk pembelajaran pada anak. diantaranya dijadikan sebagai boneka tangan, wayang-wayangan, diorama, topeng dan masih banyak lagi.


Boneka tangan dari ketela

diorama dari berbagai daun kering

boneka tangan

Topeng dari kulit pisang ato debog
Manfaat dari APE bahan alam tersebut antara lain: untuk mengenalkan pada anak bahwa permainan tidak harus membeli tetapi kita bisa membuatnya sendiri dan mempraktekkannya. Memanfaatkan bahan alam tersebut kita harus melihat unsur awet atau bahan tersebut mudah rusak atau membusuk. apabila menggunakan bahan yang mudah membusuk maka alat peraga tersebut tidak bisa dipakai kembali untuk lain hari, tetapi apabila bahan alam yang digunakan adalah bahan alam yang tidak mudah membusuk atau awet maka APE yang kita buat akan tahan lama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar